RSUBH

Green Hospital

Implementasi Green Hospital di RSU Bhakti Husada

RSU Bhakti Husada | Selasa, 08 Oktober 2019 - 11:38:07 WIB | dibaca: 107 pembaca

Green Hospital

Rumah Sakit Umum Bhakti Husada Banyuwangi merupakan Rumah Sakit swasta tipe C yang didirikan pada pemerintah Belanda pada tahun 1912. Berada pada ketinggian 370 mdpl dengan luas 4,5 ha dan dikelilingi perkebunan membuat RSU Bhakti Husada memiliki udara yang sejuk dan asri. Sebagai Rumah Sakit ter-akreditasi PARIPURNA yang tidak hanya mengedepankan pelayanan yang PRIMA, tetapi RSU Bhakti Husada juga menerapkan Green and Healing Garden Hospital. RSU Bhakti Husada sangat mendukung program implementasi Green Hospital dengan berupaya dalam pengefisiensian energy, air, pengelolaan sampah, pengelolaan limbah, penggunaan barang reusable, program penghijauan, serta berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup.  

Konsep Green Hospital yang diimplementasi oleh RSU Bhakti Husada terbagi menjadi Ruang Terbuka Hijau yang terdiri dari vertical garden yang tersebar di seluruh area rumah sakit. Selain itu, konsep Green Hospital yang diusung RSU Bhakti Husada juga diterapkan dengan dibuatnya sumur resapan dan biopori sebagai alternative dalam peresapan air hujan. RSU Bhakti Husada juga memiliki kolam sebagai penampung air hujan yang kemdian digunakan untuk menyiram tanaman yang ada di RSU Bhakti Husada. Lampu PJU tenaga surya yang dipasang di beberapa titik juga membantu penghematan energy listrik.

Upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan RSU Bhakti Husada salah satunya adalah membuat kompos organic. Sedangkan untuk unit Laundry di RSU Bhakti Husada menggunakan deterjen ramah lingkungan yang tidak merusak ekosistem air dan tanah ketika air deterjen dibuang ke saluran pembuangan. Di setiap gedung juga digunakan cat ramah lingkungan dengan jendela besar sebagai media pengganti lampu untuk menerangi ruangan di pagi hingga sore hari. RSU Bhakti Husada juga mengolah sampah yang dihasilkan sendiri dengan membaginya menjadi sampah non medis, sampah medis, dan sampah medis padat. Selain mengolah sampah, RSU Bhakti Husada juga mengolah air limbah yang dihasilkan.

Tak hanya itu, fasilitas yang disediakan oleh RSU Bhakti Husada dalam menerapkan Green Hospital salah satunya adalah tensimeter dan thermometer non merkuri yang aman bagi pasien, atap transparan sebagai media penerang ruangan, penggunaan kertas bekas sebagai upaya penghematan kertas, penggunaan kereta makan dari stainless steel, toilet dual flushing, penggunaan insects killer . Sedangkan upaya untuk penghematan energy, RSU Bhakti Husada menggunakan pendingin ruangan dan lemari es non CFC yang hemat energy, penggunaan lampu LED, dan penggunaan ATS dengan kapasitor bank.

Di bidang teknologi, RSU Bhakti Husada menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) untuk mengefektif dan mengefisiensikan proses bisnis yang ada di RSU Bhakti Husada secara keseluruhan. Dan untuk mendukung program pemerintah yaitu Industri 4.0.

Mari selamatkan bumi untuk selamatkan generasi!


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)