LAYANAN SPESIALIS BEDAH MULUT DI RSU BHAKTI HUSADA KRIKILAN SEMAKIN DIMINATI

SHARE

Spesialis bedah mulut merupakan bidang spesialis kedokteran gigi yang menangani perawatan kelainan di rongga mulut seperti gigi bungsu yang terpendam atau tumbuh miring, implan gigi, kecelakaan yang menyebabkan patah tulang rahang, kelainan celah bibir dan celah langit-langit serta tumor di rongga mulut. Spesialis bedah mulut menangani pasien yang memerlukan pembedahan baik minor ataupun mayor.

Dokter spesialis bedah mulut RSU Bhakti Husada drg. Benny Dwi Cahyo, Sp.BM mengatakan pembedahan yang seringkali dilakukan pada kasus bedah mulut adalah Pembedahan Minor dan pembedahan mayor. Yang dimaksudkan pembedahan minor disini adalah pembedahan dengan anestesi lokal biasanya dilakukan pada pengambilan gigi belakang yang tumbuhnya miring atau yang tidak dapat tumbuh dan juga dapat dilakukan untuk penghalusan tulang dimana ada tonjolan tulang yang tajam sebelum pembuatan gigi palsu. Sedangkan untuk Pembedahan Mayor merupakan pembedahan dengan anestesi umum biasanya dilakukan pada kasus rahang yang patah atau pengangkatan tumor yang besar,” ungkapnya.

Sementara ini Kasus yang banyak terjadi untuk kasus bedah mulut di RSU Bhakti Husada adalah masalah Impaksi yang merupakan sebuah kondisi ketika gigi mengalami kegagalan untuk tumbuh, yang dipengaruhi oleh kurangnya ruang pada rahang atau posisi tumbuh gigi yang salah. Ini kebanyakan terjadi pada gigi bungsu, tapi bisa juga terjadi pada gigi yang lain. Jika gigi bungsu mengalami impaksi, maka pada kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko menyebabkan kerusakan gigi dan gusi, bahkan mungkin menimbulkan abses. Dokter gigi ahli bedah mulut umumnya akan menyarankan agar mencabut gigi bungsu sebelum menimbulkan masalah. Selain impaksi ada beragam kondisi yang memerlukan tindakan bedah mulut sebagai langkah penanganan, untuk mempertahankan maupun mengembalikan fungsi rongga mulut secara utuh.

dr. Wiwin Sri Niscahyawati selaku kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Bhakti Husada Krikilan mengungkapkan karena masih cukup terbatasnya jumlah dokter spesialis bedah mulut di Banyuwangi ini sehingga kita berupaya untuk mempermudah pasien baik pasien BPJS maupun pasien non BPJS untuk mendapatkan pelayanan bedah mulut agar saat membutuhkan pemeriksaan atau tindakan operasi yang dilakukan untuk memperbaiki masalah pada mulut dan rahang dapat segera tertangani dengan baik, “ Ujarnya.

RSU Bhakti Husada krikilan dapat melayani operasi bedah mulut dengan menggunakan biaya sendiri ataupun memakai fasilitas BPJS Kesehatan. RSU Bhakti Husada Krikilan mempunyai 1 dokter spesialis drg. Benny Dwi Cahyo, Sp.BM yang layanan di hari sabtu jam 09.00 WIB s/d 13.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi IGD RSU Bhakti Husada Krikilan No Telp (0333) 821118 atau poli Spesialis Rawat jalan Hp : 085234126828