RSU Bhakti Husada Launching Program Peduli Lansia Banyuwangi (PELANGI)

SHARE

Saat sudah masuk usia 60 tahun ke atas, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh pada lansia tidak lebih baik jika dibandingkan dengan remaja atau orang dewasa, dan tak dapat dipungkiri bila lansia harus menjaga tubuhnya secara extra agar tidak terserang suatu penyakit akibat penurunan imunitas.

Untuk menjaga kekebalan tubuh para lansia agar terbebas dari berbagai penyakit ada beberapa tips yang dapat diikuti yang pertama mempertahankan berat badan yang sehat jadi Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah untuk mengatur pola makan sehingga berat badan turun. Kedua berhenti merokok karena zat kimia yang terdapat pada rokok diketahui bisa merusak jaringan paru-paru dan meningkatkan risiko kanker. Ketiga banyak habiskan waktu di luar rumah karena vitamin D dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh tapi jangan lupa di era pandemi lakukan sosial distance.

Kepala Unit Rawat jalan RSU Bhakti Husada drg. Mimit Ari Wibowo mengatakan  dengan seiring bertambahnya usia kemampuan respon imun tubuh seseorang akan juga ikut berkurang. Inilah yang menyebabkan orang tua seringkali lebih memungkinkan untuk tertular penyakit. Bahkan penyakit pneumonia adalah penyebab utama kematian orang di atas 65 tahun di seluruh dunia. Dokter Mimit menambahkan populasi penduduk lanjut usia di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat dengan kata lain jumlah lanjut usia yang akan membutuhkan pelayanan kesehatan juga akan meningkat, sehingga itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Poli Rawat Jalan RSU Bhakti Husada.

Mengingat kondisi tersebut  maka RSU Bhakti Husada membuat program layanan khusus lansia yang diberi nama Program Peduli Lansia Banyuwangi (pelangi) tujuan program ini adalah untuk memprioritaskan bagi para lansia yang akan memanfaatkan pelayanan kesehatan di Poli Rawat Jalan RSU Bhakti Husada pada hari Senin-Sabtu jam 08.00-14.00 WIB. Untuk Kriteria lansia yang dapat mengikuti program tersebut adalah lansia berumur diatas 60 tahun, menurunnya fungsi fisik maupun kognitif, memiliki sindrom geriatri, memiliki lebih dari dua macam penyakit dan obat lebih dari lima macam. Untuk mendaftar pelayanan poli rawat jalan bisa mendaftar lewat WhatsApp ke nomer 081333748556 dan untuk kondisi kegawatdaruratan bisa langsung menghubungi IGD RSU Bhakti Husada 0333-821118.