FISIOTERAPI RSU BHAKTI HUSADA TINGKATKAN FASILITAS LAYANAN

SHARE

Fisioterapi adalah pelayanan yang ditujukan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peralatan (fisik, elektroterapeutik, mekanik) dan komunikasi. Dalam menjalani fisioterapi, pasien akan dibantu oleh fisioterapis, yaitu setiap orang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Fisioterapi bisa dilakukan kepada pasien dalam segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Atlit merupakan salah satu kelompok yang umum memerlukan fisioterapi untuk memulihkan kondisi tubuh mereka. RSU Bhakti Husada Krikilan mempunyai beberapa tambahan alat baru untuk meningkatkan layanan diantaranya SWD (Short Wave Diathermy) dan TENS (Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation).

Fisioterapis RSU Bhakti Husada Krikilan Yuli Ardhi Prasetyo, A.Md.Fis mengatakan pelaksanaan fisioterapi untuk pasien yang mengalami nyeri dan terbatasnya gerak tubuh misalnya Gangguan tulang belakang, nyeri leher, nyeri bahu, atau nyeri punggung, arthritis maupun nyeri lainnya dapat menggunakan alat SWD (Short Wave Diathermy) yang dimiliki RSU Bhakti Husada Krikilan yang berfungsi untuk memanaskan jaringan dan pembuluh darah dengan gelombang pendek adapun manfaat secara umum mengurangi nyeri serta mengurangi ketegangan pada otot.

Yuli Ardhi menambahkan jika ada beberapa kasus yang harus di tambah dengan terapi modalitas dengan alat TENS (Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation) yg berfungsi untuk mengurangi nyeri dengan mnggunakan energi listrik yg sudah di modifikasi untuk merangsang sistem syaraf Adapun indikasi dari tens nyeri akut dan kronis,nyeri akibat trauma,musculoskeletal, kontra indikasi alat pacu jantung.

Sebelum menjalani program terapi, pasien harus menjalani pemeriksaan dan penilaian yang dilakukan oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi (dokter fisioterapi), sehingga dapat ditentukan program terapi yang dibutuhkan. Sebaiknya pasien juga menanyakan hal-hal yang belum diketahui, misalnya tentang tujuan, keuntungan, atau risiko yang dapat terjadi, serta hasil akhir yang diharapkan dari suatu program fisioterapi.

RSU Bhakti Husada krikilan dapat melayani pasien pasca stroke di poli rehabilitasi medik, layanan setiap hari senin sampai dengan sabtu 08.00 WIB s/d Selesai. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi IGD RSU Bhakti Husada Krikilan No Telp (0333) 821118 atau poli Spesialis Rawat jalan Hp : 085234126828.