Kenali Radang Amandel (Tonsilitis), Pencegahan, dan Pengobatannya Bersama RSU Bhakti Husada

SHARE

Amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil ditenggorokan yang berfungsi untuk mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak. Namun seiring bertambahnya usia dan makin kuatnya daya tahan tubuh, fungsi amandel mulai tergantikan dan ukurannya secara perlahan akan menyusut. Tonsilitis atau radang amandel merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan peradangan pada amandel yang menimbulkan rasa sakit. Adapun radang ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau penurunan sistem imun tubuh. Gejala yang umum muncul adalah adanya nyeri telan. Kondisi ini juga bisa menimbulkan gejala lain seperti suara serak, demam, bau mulut, batuk dan sakit kepala. Adapun beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena radang amandel adalah yang pertama; usia anak-anak dan remaja berusia 5-15 tahun lebih rentan terkena radang amandel dan yang kedua; faktor lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya, sehingga resiko tertular atau terinfeksi virus/bakteri lebih tinggi.

Mayoritas pengidap radang amandel akan pulih dalam beberapa hari. Penanganan radang amandel akibat infeksi virus biasanya dapat dilakukan di rumah dengan meminum air putih, istirahat cukup, dan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Radang amandel yang tak kunjung membaik dalam 10 hari maka radang ini bisa dikategorikan radang amandel kronis. Sehingga apabila kondisi ini tidak membaik membaik dalam waktu 7-10 hari, maka jangan ragu untuk mengunjungi dokter.

Radang amandel dan kekambuhannya dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut. Mulut merupakan bagian tubuh di mana bakteri dan virus rentan sekali masuk dan menimbulkan infeksi. Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar supaya terhindar dari mikroorganisme penyebab penyakit. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan makan-makanan bernutrisi dan berolahraga. Dengan menjaga kesehatan tubuh, maka sistem imun akan semakin kuat dengan begitu tubuh tidak akan mudah terpapar infeksi virus atau bakteri.

Jika anda atau kerabat mengalamai kondisi radang amandel, silahkan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT (Telinga Hidung & Tenggorokan) terdekat atau di RSU. Bhakti Husada yang bisa melayani konsultasi online melalui IHC Telemed maupun langsung datang ke RSU. Bhakti Husada setiap hari senin & kamis jumat Bersama dr. Yohanes Dimas, Sp.THT-BKL dan setiap hari selasa & rabu dengan dr. Agung Idi Wiharto,Sp.THT atau menghubungi nomor berikut 081333748556 maka akan dibantu untuk proses pendaftaran