Pembedahan Katarak dengan Layanan Phacoemulsification

SHARE

Katarak merupakan penyakit gangguan penglihatan yang umum terjadi pada kaum lanjut usia (lansia). Semakin bertambah usia, lensa mata menjadi keruh dan buram sehinga menyebabkan menurunnya penglihatan yang berdampak pada penurunan kualitas hidup. Penyebab kebutaan paling banyak karena katarak yang tidak diobati. Hal itu membuat beban kebutaan di Indonesia cukup tinggi dan mendesak peningkatan cakupan operasi katarak.

Bidang oftalmologi telah mengalami kemajuan yang luar biasa dalam pembedahan katarak. Salah satunya ditunjukkan RSU Bhakti Husada Krikilan Banyuwangi dengan layanan operasi katarak fakoemulisifikasi (phacoemulsification).

Phacoemulsification menjadi operasi katarak yang banyak dilakukan karena teknik pembedahan yang paling canggih. Operasi katarak ini memberikan kenyamanan lebih bagi pasien dengan luka operasi minimal. Selain meningkatkan kenyamanan pasien, oeprasi katarak phacoemulsification juga dapat meningkatkan hasil penglihatan pasien.

Operasi model ini menawarkan keunggulan lain dibandingkan operasi katarak konvensional, termasuk waktu pemulihan yang singkat, mengurangi risiko komplikasi, dan hasil visual yang lebih baik. Pasien yang akan melakukan operasi katarak phacoemulsification disarankan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang berpengalaman. Sehingga dokter dapat memberikan panduan terbaik sesuai kebutuhan pasien. Tindakan operasi katarak phacoemulsification dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Layanan poliklinik spesialis mata RSU Bhakti Husada mempunyai dua dokter spesialis mata, yakni dr. Aswin Agung N., Sp.M yang praktik setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis serta dr. Joko Triyono, Sp.M yang praktik setuap hari Senin dan Jumat siang. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor IGD 24 Jam RSU Bhakti Husada (081243843100) atau (0333)821118 atau hubungi nomor poliklinik spesialis RSU Bhakti Husada di nomor (085234126828)