Pahami Apa Itu Menopause Bersama RSU Bhakti Husada Krikilan

SHARE

Menopause adalah proses alami dan tidak dapat dihindari oleh seorang wanita yang mana ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Menopouse menjadi masalah kewanitaan sendiri bagi wanita selain penyakit – penyakit kewanitaan lainnya. Oleh karena hal tersebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan International Menopouse Society (IMS) menetapkan tanggal 18 oktober merupakan hari menopouse sedunia yang bertujuan menyebarkan kesadaran tentang kondisi menopouse yang mempengaruhi wanita seiring bertambahnya usia. RSU. Bhakti Husada juga ikut berpartisipasi memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat khususnya para wanita.

Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi minimal selama 12 bulan. Hal ini merupakan masalah bagi seorang wanita  karena sebagian besar wanita merasa gelisah, depresi hingga kecemasan saat menghadapi masa – masa menopause, yang mana mereka cenderung akan mengalami secara subyektif merasa panas, berkeringat dingin secara objektif kemerahan pada wajah, leher dada hingga perubahan fisiologis seperti vasodilatasi perifer, Takhikardi, suhu meningkat atau gejala tersebut disebut vasomotor syntomps, Gejala lain seperti sakit/nyeri pada waktu melakukan hubungan suami istri, vagina tidak menjadi elastis akibat turunnya kadar hormon yang menyebabkan hambatan orgasme, masalah lainnya yaitu kegemukan akibat turunnya metabolisme hingga ke masalah osteoporosis. Penyebab menopouse yang dialami secara alami bagi wanita pada usia tertentu bisa jadi menoupuse itu terjadi lebih dini akibat dari pengobatan kanker, operasi pengangkatan rahim atau hysterectomy.

Untuk menopouse tidak memerlukan penanganan secara khusus hanya saja kita bisa melakukan penanganan secara mandiri yang bertujuan untuk meredakan gejala, dengan menghindari makanan tertentu seperti makanan pedas dan minuman panas, berkafein, atau beralkohol, menciptakan lingkungan rumah yang sejuk dan nyaman Mengenakan pakaian berbahan katun agar tubuh terasa sejuk, menerapkan teknik relaksasi, antara lain dengan meditasi, pengaturan napas, yoga, serta taichi serta menggunakan pelumas vagina berbahan dasar air apabila melakukan hubungan intim. Selain itu, untuk mencegah penyakit yang dapat timbul akibat menopause, wanita disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti berolah raga, beristirahat cukup, membatasi asupan lemak,gula dan makanan berminyak, berkonsultasi dengan dokter jika masih dirasa membutuhkan konsultasi lebih lanjut.

Dan apabila diperlukan konsultasi dokter bisa mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat atau layanan RSU Bhakti Husada Krikilan dengan dr. Made Ayu S., Sp.OG senin – kamis : 11.00 – 13.00 untuk hari jumat – sabtu : 11.00 – 12.30 atau dr. Yapi Rendi T.,Sp.OG setiap hari selasa & Kamis : 14.00 – 17.00 atau bisa menghubungi Ns. Feny Dwi Astuti S.Kep di nomor 082142256046 selaku marketing RSU. Bhakti Husada Krikilan dan akan dibantu mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan yang ada