RSU Bhakti Husada Tekankan Pentingnya Imunisasi Anak

SHARE

Imunisasi atau vaksinasi penting dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit. Salah satu manfaatnya adalah membentuk kekebalan kelompok atau herd imunity agar bayi tetap sehat dan tidak mengalami disabilitas bawaan. Imunisasi merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan sepanjang hidup seseorang untuk melindunginya dari penyakit.

Sistem kerja Imunisasi dilakukan dengan menyuntikkan versi jinak dari virus atau bakteri penyakit yang sudah dilemahkan. Tubuh anak akan mendeteksi dan memicu sistem imun yang memproduksi antibodi yang nantinya bertugas untuk melawan penyakit. Jadi, jika suatu saat anak terserang penyakit tersebut, tubuhnya sudah memiliki antibodi yang mampu mengenali dan melawan serangan virus atau bakteri. Imunisasi terbukti mampu mencegah berbagai penyakit menular yang berbahaya.

Ada tiga alasan penting mengapa imunisasi wajib untuk semua anak. Pertama karena imunisasi sudah terbilang aman, cepat, dan sangat efektif untuk mencegah penularan penyakit. Kedua, sekali diimunisasi maka setidaknya tubuh anak telah terlindungi dengan baik dari ancaman penyakit tersebut. Ketiga, anak justru berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit dan mengalami gejala yang lebih parah jika tidak diimunisasi. Penyakit tersebut juga berisiko berakibat fatal di kemudian hari.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Bhakti Husada dr. Wiwin Sri Niscahya Wati mengatakan “Di Indonesia, ada 5 jenis imunisasi wajib untuk anak, antara lain Hepatitis B, Polio, BCG, Campak, dan Pentavalen (DPT, HB, HiB). Selain vaksin yang diwajibkan tersebut ada beberapa vaksin tambahan menurut rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2017, yakni PCV (Pneumokokus), Rotavirus, Influenza Tifoid, Hepatitis A, Varisela (Cacar Air), HPV (Human Papiloma Virus), Japanese Enchepalitis, dan vaksin dengue (demam Berdarah).”

“Risiko anak yang tidak diimunisasi tidak hanya mengorbankan kesehatan sang anak, tapi dapat mempengaruhi orang lain di sekitarnya. Jika anak tidak diimunisasi, virus dan kuman yang masuk ke dalam tubuhnya bisa dengan mudah menyebar ke kakak, adik, teman, maupun orang lain di sekitarnya. Pada akhirnya, wabah penyakit pun akan menyebar ke lingkungan sehingga menimbulkan kasus jangkitan penyakit dan kematian yang lebih banyak.” Imbuhnya.

RSU Bhakti Husada krikilan dapat melayani konsultasikan kesehatan buah hati anda ke Poli Rawat Jalan Spesialis Anak, Jadwal dokter spesialis Anak RSU Bhakti Husada Krikilan dr Rofi Budiyanto Sp.A. Senin-Kamis jam 07.00-10.30 WIB  dan untuk dr. Andri Kurnia Sp.A Senin-Sabtu jam 13.00-16.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi IGD RSU Bhakti Husada Krikilan No Telp (0333) 821118 atau poli Spesialis Rawat jalan Hp : 085234126828